fungsi dari komponen pendingin pada komputer

pada post ini saya akan membahas tentang  fungsi dari komponen pendingin komputer, langsung saja ke pembahasan

1. Kipas (fan)
Kipas (fan) Merupakan sistem pendingin komputer yang paling umum ditemukan, biasanya terpasang di casing, prosesor atau VGA. 
fungsi : Gunanya juga tergantung arah angin yang dihasilkan oleh kipas, ada yang untuk sirkulasi udara, ada yang  mengarahkan udara ke prosesor atau VGA agar tidak panas.

2. HeatSink
Heatsink adalah logam dengan design khusus yang terbuat dari alumuniun atau tembaga (bisa merupakan kombinasi kedua material tersebut) yang berfungsi untuk memperluas transfer panas dari sebuah prosesor.
Sebuah komponen cpu yang dipakai untuk menyerap panas. Biasanya terbuat dari aluminium,biasanya dipadukan dengan pemakaian fan pada heatsink untuk mengoptimalkan penyerapan panas yaitu dengan mengalirkan panas dari heatsink ke luar cpu, ini akan meningkatkan performa kerja komputer.         
fungsi : Fungsi heatsink adalah membantu proses pendinginan sebuah processor.Secara teknik, semakin luas permukaan perpindahan panas sebuah benda maka akan semakin cepat proses pendinginan benda tersebut.

3. TEC (Thermoelectric Cooler)
TEC (Thermoelectric Cooler) adalah sebuah pendingin yang bekerja apabila dialiri arus listrik ke salah satu sisi logam sehingga terbentuk sisi yang dingin dan sisi yang panas. 
Fungsi : Sebagai pendingin yang bekerja jika ada arus/ aliran listrik dan juga bisa membuat sebuah pendingin hingga melewati batas titik beku air.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

alat alat yang berfungsi sebagai komponen pendingin pendingin

5 alat keluaran beserta fungsinya